Blog

Blog: Minimarket Tanpa Kasir pertama di Indonesia


Store JD X Mart di PiK Avenue

Teknologi AI yang sekarang kita rasakan saat ini belum ada apa-apanya. Terlebih di Indonesia sendiri, penggunaan AI masih belum masiv dan dihapami semua kalangan. Teknologi Artificial Intelligence yang ada di Indonesia kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, startup dan E-Commerce untuk mendukung jalan nya roda bisnis mereka. Jarang sekali teknologi AI ini dapat diakses bebas oleh masyarakat umum yang sekedar ingin tahu atau ingin mencoba.

Baru pada pertengahan tahun 2018 kemarin, JD, E-Commerce asal China yang akrab disapa jd.id di Indonesia ini merilis supermarket kecil tanpa kasir. Tanpa kasir ? Ya, JD meluncurkan minimarket ini tanpa kasir lagi. Minimarket ini bukan minimarket pada umum nya yang biasa kita lihat di Indonesia. Minimarket yang diberi nama JD X Mart ini menggunakan teknologi berbasis AI didalam nya. Teknologi semacam ini sudah diterapkan lebih dulu oleh Amazon Go di Amerika. Mereka telah memiliki banyak cabang yang tersebar di Amerika. Sedangkan Indonesia baru saja memulai nya.

Minimarket ini menjual hal-hal yang biasanya dijual minimarket pada umum nya. Mereka menyediakan makanan ringan, pakaian dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari dan juga produk kecantikan. Dengan adanya minimarket semacam ini, ini artinya pembeli dapat masuk ke JD X Mart, mencoba pakaian, dan keluar langsung dengan pakaian yang mereka beli tanpa harus berurusan dengan kasir lagi. Karena pembayaran dilakukan secara kredit dan dikenakan langsung ke kartu kredit pengguna.

Isi dari Store JD X Mart

Lalu, bagaimana pelanggan bisa masuk ke minimarket tersebut dan bagaimana proses membayar nya ? Minimarket ini menggunakan dua teknologi AI dalam penggunaan nya. Untuk masuk, pelanggan yang baru pertama kali datang ke minimarket tersebut harus mendaftarkan dirinya menggunakan Face Recognition yang tersedia di pintu masuk. Nanti nya, pengunjung dapat langsung masuk karena sistem sudah mendeteksi pengunjung berdasarkan data Face Recognition yang sudah tersedia. Selain Face Recognition, minimarket ini juga memiliki beberapa kamera disetiap lorong nya untuk memantau pergerakan pengunjung, melihat heat-map atau jalur yang paling sering dikunjungi dan juga untuk melihat produk pilihan pengunjung.

Teknologi RFID di setiap produk. | Source: CNN Indonesia

Untuk berbelanja, pengunjung juga harus memiliki aplikasi khusus milik JD X Mart dan mendaftarkan data kartu kredit atau kartu debit milik pengunjung. Nantinya, saat akan berbelanja, pengunjung dapat melakukan scan barcode yang tertera di setiap produk dan secara otomatis akan memotong saldo dari kartu debit atau menambah tagihan di kartu kredit pengunjung. Teknologi yang digunakan dalam proses pembayaran ini dinamakan RFID (Radio Frequency Identification). Setelah melakukan proses scan pada RFID melalui smartphone pengunjung, mereka dapat langsung keluar dari minimarket tanpa harus repot mengantre di meja kasir.

Menurut Mia Fawzia, Marketing Chief dari JD.ID, minimarket ini merupakan prototype yang tujuan utama nya adalah mengenalkan teknologi Artificial Intelligence kepada publik umum. Serta dengan adanya minimarket seperti ini dapat mengenalkan kepada publik bahwa perkembangan teknologi di Indonesia sudah berkembang pesat. Pihak dari JD.ID sendiri pun belum berencana membuka cabang tambahan dari JD X Mart ini. Store JD X Mart ini berada di PIK Avenue Lantai 3 Jakarta Utara.

JD X Mart ini merupakan satu langkah besar atas perkembangan teknologi Artificial Intelligence di Indonesia. Dengan dibuka nya minimarket tanpa kasir ini dapat memberi pandangan bahwa kepada masyarakat kita bahwa teknologi diluar sana dalam bidang Artificial Intelligence sudah berkembang pesat, dan ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan teknologi ini dan mengaplikasikan penggunaan nya lebih luas lagi.

Bibliography:

https://jdcorporateblog.com/jds-unmanned-store-goes-international/

https://industri.kontan.co.id/news/jdid-akan-mengembankan-gerai-offline-jd-x-mart-berbasis-artificial-intelligence

Source: Artificial Intelligence on Medium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
a

Display your work in a bold & confident manner. Sometimes it’s easy for your creativity to stand out from the crowd.

Social