a

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adicing elit ut ullamcorper. leo, eget euismod orci. Cum sociis natoque penati bus et magnis dis.Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Leo, eget euismod orci. Cum sociis natoque penati bus et magnis dis.Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet.

  /  Project   /  Blog: Matadewa Soft Launch

Blog: Matadewa Soft Launch


Hari senin tanggal 22 April 2019 yang lalu Docotel menyelenggarakan event internal bertemakan #DOCOTELSTORY4U yang terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya final DOCO Challenge — dimana beberapa minggu sebelumnya dibuka kesempatan bagi seluruh DOCO Troops untuk submit ide produk baru yang akan dikembangkan oleh Docotel.

Docotel Story 4U

Kesempatan ini terbuka bagi semua troops termasuk seluruh anak perusahaan Docotel. Pemenang didominasi oleh anak perusahaan Docotel yang bergerak pada bidang FinTech — Solusi Pembayaran Elektronik (SPE).

Matadewa

Pada event tersebut dilakukan juga peresmian produk-produk andalan Docotel Group.

Tahun 2019 ini Docotel fokus pada pengembangan produk-produk industri 4.0, diantaranya pada bidang health, fintech, dan security. PT Mahapatih Sibernusa Teknologi sebagai salah satu anak perusahaan Docotel mengambil peran serta pada bidang security dengan mengembangkan 2 produk utama sejak tahun 2018: Matadewa dan SePatih. Pada kesempatan product launch kemarin, Mahapatih me-launching produk Matadewa dengan aplikasi Matadewa Access Control (MAC) sebagai aplikasi pertama.

Matadewa merupakan produk teknologi computer vision dan artificial intelligence yang dikembangkan untuk kebutuhan security di Indonesia. Teknologi computer vision tersebut dibuat dari awal dengan menggunakan bahasa C++ pada core-nya. Bahasa pemrograman C++ dipilih atas dasar pertimbangan kedekatan bahasa tersebut dengan bahasa mesin dibandingkan bahasa lain seperti Python, misalnya. Matadewa diharapkan dapat memproses kebutuhan computer vision dengan reliable, ini artinya hal-hal seperti kecepatan dan akurasi sangat penting.

Posisi Matadewa sebagai core tidak berbeda dengan Amazon Rekognition, ataupun Google Vision. Matadewa memiliki API yang dapat dikonsumsi oleh aplikasi lain. Matadewa Access Control lah yang kemudian menjadi aplikasi pertama mengkonsumsi API Matadewa.

Perjalanan Mahapatih mengembangkan Matadewa dan MAC memakan waktu kurang lebih 1 tahun. Keduanya dikembangkan dari awal sekali dan diselesaikan oleh tim kecil yang terdiri dari beberapa orang saja secara bertahap — 2 non-fulltime software developer untuk core, 1 fulltime software developer untuk core, 1 front-end engineer untuk MAC, 1 back-end engineer untuk MAC, dan satu orang SCRUM Master.

Proses tersebut melibatkan banyak sekali riset dan eksperimen karena menciptakan sesuatu dari nol bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak hal-hal baru yang harus dipelajari oleh masing-masing anggota tim yang terlibat.

Tiga fitur utama dari Matadewa (prototype) telah selesai sejak akhir 2018 silam: Face Recognition, License Plate Recognition, dan Object Detection. Untuk fitur Face Recognition itu sendiri saat ini sudah bisa melakukan proses pengenalan gender dan juga rentang usia.

Berbagai macam penyempurnaan dilakukan sejak saat itu bersamaan dengan pengembangan aplikasi MAC. Untuk fitur License Plate Recognition sempat ditulis cukup detail sebelumnya pada blog ini.

Saat awal-awal membuat tulisan mengenai LPR tersebut tingkat akurasi Matadewa untuk mengenali plat nomor kendaraan di Indonesia baru mencapai 40%–45%. Namun melaui proses training yang melibatkan transfer learning serta beberapa metode proprietary Mahapatih lainnya, maka saat ini engine core Matadewa untuk fitur LPR sudah mampu membaca serta mengenali plat nomor kendaraan di Indonesia dengan tingkat akurasi diatas 99% — dengan syarat plat nomor bisa dibaca dengan baik karena beberapa kendaraan plat nomornya tidak jelas / kotor (tapi kami memiliki metode untuk mengatasi hal ini juga).

Berikut ini hasil implementasi prototype License Plate Recognition untuk plat nomor mobil dengan model hasil training saat ini yang mengambil live traffic dari kamera yang di pasang di depan kantor Docotel World. Engine prototype inilah yang kemudian dapat di-integrasikan dengan user interface lebih intuitive, ataupun surrounding application lain nantinya.

Salah satu core developer Mahapatih tahun lalu juga sempat merilis tulisan yang sedikit membahas mengenai riset terkait berbagai fitur GPU Raspberry PI (akan dilanjutkan saat ini dengan NVIDIA Jetson) yang jika dimanfaatkan bisa dipakai untuk membuat aplikasi yang lebih cepat atau lebih smooth

Ini merupakan hasil riset luar biasa dan sampai saat ini masih bersifat proprietary untuk Mahapatih.

Matadewa Access Control

MAC merupakan solusi security control yang dapat di implementasikan pada berbagai smart building dengan fitur diantaranya,

1. Visitor Management System

2. Employee Attendance

3. Dashboard Analytics

Saat ini MAC sedang memasuki tahap uji coba pada gedung Docotel World dimana setiap lantai dipasang kamera untuk menjadikan gedung Docotel World sebagai salah satu smart building di Jakarta.

Berikut ini beberapa informasi yang disajikan oleh dashboard MAC.

Mahapatih berkomitmen untuk fokus pada aspek security terkait implementasi Matadewa melalui aplikasi MAC ini. Namun pada perkembangan selanjutnya, baik Matadewa itu sendiri sebagai core maupun MAC sebagai surrounding application dapat dikembangkan diluar aspek security.

Kapasitas inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh developer lain untuk membuat ragam aplikasi inovatif menggunakan computer vision dimana core-nya akan didukung oleh teknologi Matadewa. Setidaknya saat ini Matadewa akan bisa di-integrasikan dengan ragam aplikasi dari beberapa divisi Docotel lainnya seperti:

  1. Integrasi MAC dan Visitor Management System di SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) besutan divisi D’Health.
  2. Integrasi MAC dan Visitor Management System di MASAR (Manajemen Pasar) besutan divisi Smart City.

Bahkan salah satu kelompok yang masuk dalam tiga besar DOCO Challenge hari senin lalu membawakan tema FaceCash — sebuah aplikasi berbasis FinTech dengan mekanisme otentikasi menggunakan wajah — dapat juga menggunakan fasilitas fitur dari Matadewa untuk kebutuhan mereka kedepan-nya.


Privacy adalah satu dari beberapa alasan kami membangun teknologi computer vision dan artificial intelligence sendiri dari awal. Digital transformation pada era Industry 4.0 menyentuh beragam bidang termasuk diantaranya keamanan wilayah fisik dimana manusia tinggal. Tidak terbayang apabila infrastruktur-infrastruktur kritikal negara Indonesia dimonitoring oleh produk-produk dari luar negeri dimana data-datanya bisa saja sampai ke pihak luar sehingga bersiko pada aspek confidentiality dan juga integrity.

Dengan membangun teknologi sendiri dari awal kami berkomitmen untuk bukan saja menjadi trusted partner dalam menjaga keamanan berbagai wilayah di Indonesia kelak, namun juga berupaya keras menjaga kualitas produk yang akan di-deliver. Tidak ada produk yang langsung 100% berkualitas tinggi, dalam hal ini, baik Matadewa ataupun MAC pasti akan memiliki beberapa kekurangan. Kondisi dilapangan juga tidak senantiasa ideal, ada wilayah yang pencahayaan-nya kurang ataupun faktor-faktor eksternal lainnya sehingga berpotensi menurunkan tingkat akurasi pengenalan dari Matadewa ataupun MAC. Namun para developer kami akan senantiasa siap berkoordinasi dan memberikan jaminan kualitas sehingga dapat membantu para pengguna untuk mendapatkan performa hasil yang lebih baik.

Showcase MAC pada gedung Docotel World akan dibuka untuk public dalam waktu dekat sehingga bisa dilihat langsung bagaimana bentuk implementasinya. Silahkan hubungi tim sales kami melalui alamat email sales@mahapatih.id untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Oh iya, satu hal lagi: We are hiring! So, apabila ada yang berminat untuk bersama-sama mengembangkan teknologi computer vision Matadewa dan MAC dapat segera menghubungi tim HC kami di alamat email hc-recruitment@mahapatih.id. Ayo kita sama-sama membangun sistem keamanan berteknologi tinggi untuk Indonesia 😊


Source: Artificial Intelligence on Medium

(Visited 206 times, 1 visits today)
Post a Comment

Newsletter